Setelah sukses dengan Harry Potter, J.K. Rowling kembali meluncurnkan satu lagi novel karya terbarunya yakni“ The Casual Vacancy.” Sejak buku ini diluncurkan 27 September 2012, para penggemar J.K. Rowling langsung memburu buku ini di toko-toko buku yang tersebar di Inggris. Buku The Casual Vacancy sebelum diterbitkan sempat mengundang banyak reaksi dan kritik. Publik tidak yakni jika  The Casual Vacancy akan sukses seperti Harry Potter yang terjual lebih dari 450 juta copy di seluruh dunia. Tetapi seperti dilansirThe Guardian bahwa, bukun ini memiliki keunikan, secara khusus  menantang para pembaca.

The Casual Vacancy mengambil setting di sebuah kota bernama Pagford.  Kota ini dilanda kesediahan setelah kematian mendadak seorang pejabat yang kemudian berakibat pada kekosongan kursi pejabat pada kota tersebut yang kemudian mengundang minat anak-anak muda untuk mengisi kekosongan kursi tersenut. Intinya bahwa  ide utama yang diangkat dalam The Casual Vacancy adalah entang Pemilihan Umum lokal yang kemudian disaboates oleh para pemuda kota tersebut. Tentunya, cerita ini berbeda jauh dari Harry Potter. The Casual Vacancy ini memang ditujukan kepada pembaca dewasa, sehingga tak heran jika unsur-unsur seks maupun umpatan dan sumpah serapah menjadi bagian dari buku ini. Di sinilah yang yang kemungkinan banyak dikritik oleh penggemar J.K Rowling. Tetapi banyak kalangan juga yang mengatakan bahwa The Casual Vacancy akan meraih sukses besar melebihi Harry Potter. Di toko-toko buku bahkan menempatkan buku ini sebagai pilihan utama termasuk toko buku online Amazon.

Penerbit LittleBrown seperti dilaporkan The Bookseller bahwa mereka belum bisa memberikan figure berapa jumlah penjualan semenjak hari pertama. Jumlah penjualan buku ini baru akan dilihat pada hari Selasa nanti. Tetapi mereka telah mengirim 1 juta copy edisi cetak ke toko-toko buku di Inggris dan untuk export ke berbagai negera di dunia termasuk Afrika Selatan, Australia dan New Zealand. Di samping itu juga masih ada 2.5 Juta copy pre-order yang belum dikonfirmasi sebagaimana dilaporkan oleh Daily Mirror.  Keseluruhan jumlah itu tidak termasuk versi e-book.

Fiona Allen, juru bicara toko buku Waterstone seperti dikutip The Bookseller mengatakan bahwa The Casual Vacancy adalah penjualan terbesar sepanjang hari, dan dia yakin bahwa buku ini akan melampaui rekor The Lost Symbol. Lalu, apakah dengan demikian The Casual Vacancy akan meraih sukses besar? Sementara, kritikan terus melayang ke J.K Rowling dengan novelnya itu. Kita tunggu saja minggu depan laporan penjualannya. Untuk saat ini, The Lost Symbol karya Dan Brown masih memegang rekor tertinggi penjualan dalam satu pekan untuk kategori novel orang dewasa dengan penjualan 550.000 copy dalam minggu pertama.