Pada posting sebelumnya tentang Kehidupan di Jayapura, Papua saya sudah menggamarkan secara sepintas bagaimana menjangkau kota Jayapura dan sekilas tentang biaya hidup di Kota Jayapura. Nah, jika anda benar benar ingin ke jayapura maka pada posting ini saya akan menyajikan lanjutan tetang kehidupan, dan tradisi hidup di kota Jayapura serta hingga akomodasi dan transportasi dalam kota Jayapura. Semoga bermanfaat.

Tradisi Lokal Masyarakat

Ketika ditanya tradisi atau kebiasaan orang di Jayapura seharai hari yang paling menonjol sebagai ciri khas Jayapura atau orang Papua secara umum, maka orang yang belum tahu akan mengatakan “ suka mabuk’ . Ah, ini sebuah generalisasi yang keliru, yang tepat adalah “makan pinang” atau biasanya disebuat orang melayu “makan sirih”, nama yang mirip akan tetapi beda dalam cara menikmatinya. Jika anda berada di kota Jayapura atau kota lainya di Papua, anda akan menyaksikan di setiap sudut kota ada para-para pinang, tempat dimana orang bisa duduk menguyah pinang. Biasanya dalam pergaulan anda sehari hari denga orang-orang lokal pasti anda akan ditawari sebutir pinang, kapur dan sirih, jika anda tidak keberatan maka apa salahnya anda mencobanya sebab ini bisa menjadi bagian dari membangun kedekatan hubungan anda dengan teman-teman anda di sana. Rasanya memang agak sedikti pahit di mulut pada awal anda menguyah dan mungkin bisa membuat mata anda sedikit berkunang-kunang alis kepala pusing, jika anda baru pertama kalinya mencoba. Tardisi ini  mungkin ini bisa menajdi salah satu strategi anda untuk menjalin keakraban dengan orang-orang lokal. Secara ilmiah khasisat pinang memang belum teruji sejauh ini akan tetapi menurut masyarakat lokal, makan pinang akan menambah vitaliatas pagi pria dan wanita serta memelihara gigi/gusi menjadi lebih kuat.  Tentunya anda tidak percaya dengan anggapan ini,  nah, coba anda buktikan sendiri !

Pianang dan SIrih | Foto : tribunenews.com

Hotel dan Penginapan

Jayapura sekarang sebagai ibukota Provinsi Papua yang sebelumnya adalah ibuka Provinsi Irian Jaya, tentunya sekaran berbeda dengan yang dulu. Bagi anda yang ingin mengunjungi Jayapura tidak perlu khawatir, seperti saya utarakan sebelumnya bahwa Jayapura dan Papua pada umumnya hampir sama dengan kota-kota lainnya di Indonsia. Hotel atau penginapan berbintang hingga wisma, guest house, banyak tersebar di kota Jayapura. JIka anda memiliki isi kantong yang cukup silahkan menikmati hotel berkelas seperi Swissbel, Aston Hotel, Horizon Hotel, dans sebagainya, yang semuanya terletak di pusat Kota Jayapura, berdekatan dengan kantor gubernur provonsi Papua, kantor DPRP Papua dengan pemandangan laut yang Indah dan anda bisa menikmati kerlap kerlip deretan lampu –lampu betingkat di kota Jayapura pada malam hari.

Hotel Horison - Jayapura

Hotel Aston Jayapura

Selain Swissbel hotel, ada juga hotel Matoa terletak di tengah kota Jayapura dengan akses yang mudah ke seluruh kota, ada juga hotel yasmin, papua hotel dll. Kebanyakan hotel  berada di jantung kota jayapura, sedangkan di wilayah Abepura kini terdapat Grand Abe Hotel, City Hub, Ahom Hotel, dan lain sebagainya. Di Hotel-hotel di wilayah Abepura memang baru saja dibangun, dua hingga tiga tahun terakhir. Kota Abepura dulunya lebih banyak dihuni oleh para pelajar, Karena di sana ada berbagai perguruan tinggi termasuk Universitas Cenderawasih, universitas tertus di Papua, sehingga kota ini dulu dikenal sebagai kota pelajar, yang simbolkan dengan tugu Pendidikan (Tugu Lingkaran Abepura). Kini hotel ruko berjamuran di Abepura, kos-kosan tumbuh terus dari yang tarif murah hingga mahal

READ ALSO  Saturasi Agama; Orang-Orang Pencari Muka

Rumah Kos di Jayapura dan Abepura

Jika anda berniat untuk untuk tinggal di Jayapura, entah untuk bekerja atau kuliah, maka tentunya anda membutuhkan tempat tinggal. Dalam memilih rumah untuk di kontrak atau rumah kos maka tentunya anda akan mempertimbnagkan berapa biaya sewa atau perbulan atau per tahunnya. Selain biaya, ada dua hal penting juga yang harus anda pertimbangkan juga adalah lokasinya dan keamanan, tentunya anda menginginkan tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja atau kampus tempat kuliah sehingga secara eknomis juga bisa menghemat biaya. Pilihlah lokasi yang kiranya aman dan nyaman.

Bagi anda yang bekerja atau kuliah di wilayah Jayapura akan lebih bagus juga memilih tempat tinggal di wilayah Jayapura  sperti di Kloofkam, APO, Argapura, Dok II hingga Dok IX tetapi jika anda yang bekerja atau kuliah di Abepura maka lebih tepat mencari tempat tinggal di Abepura, Padang Bulan, Kampkey, Tanah Hitam, Waena Perumnas I,II III dan Kota raja.

Untuk biaya sewa rumah akan tergantung dari tipe rumah, harganya bisa berkisar antara 15 juta rupiah hingga 80 juta rupiah per tahun. Sedangkan rumah kos  yang terdiri dari kamar tidur, kamar mandi/toilet dan ruang tamu, bisa berkisar antara 1.000.000 ribu hingga 1.500.000 ribu per bulan. Tetapi jika anda hanya  membutuhkan satu kamar biasaya antara 500.000 hingga 700.000 per bulan.

Jangan khawatir jika anda memilki hobi shopping, di K,ota Jayapura juga tersedia tempat yang shopping yang berkelas.  Di jantung kota Jayapura Anda bisa berbelanja di berbagai pusat perbelanjaan yang ada di Kota Jayapura maupun di Kota Abepura. Di jantung kota Jayapura ada Mall Jayapura, di sini lengkap dari pusat perbelanjaan, hiburan hingga makanan. Untuke Belanja di sini ada Matahari, Hypermart, Ibox, dan took-toko eloktronik lainnya. Untuk hiburan di Mall Jayapura ada bioskop XXI, Inul Vista, Arena Permainan, dans sebagainya, anda bisa santai di Jeko Cofe, Bread Talk, Solaria dan sebagainya. Selaian Mall Jayapura, ada juga Sagu Indah Plasa (SIP) yang juga merupakan pusat perbelanjaan yang tak kalah menarik. Di entrip ada Papua Trade Center (PTC), arena pusat perbelanjaan, Makan dan hiburan.

Di wilayah Abepura, Anda bisa berbelanja di Saga Mall, Mega DeptStore, Matoa Square, Ramayana, Hypermart, Robinson atau mungkin ingin menikamti secangkir kopi di dunkin donut dan sepotong ayam goring di Kentucky fried chicken atau Texas Chicken, a pokoknya, tak kalah bedanya dengan yang terdapat di kota-kota lain di Indonesia.  So, don`t worry   to visit Jayapura !!

Jayapura Mall di Kota Jayapura

Abepura Mall di Abepura, Kota Jayapura

  

READ ALSO  Dari Cerita Perang Suku ke Kisah-Kisah Romantis

Perguruan Tinggi di Kota Jayapura

Jayapura boleh dikatakan sebagai kota pelajarnya Papua,hampir setiap tahun ribuan orang datang menyerbu kota  Jayapura utuk belajar di berbagai perguruan tinggi yang menyebar di kota Jayapua. Perguruan tinggi di sini letaknya menyebar dari pusat kota Jayapura hingga ke Abepura di mana Universitas Cenderawasih berada disana dan konsentarsi pelajarpun lebih banyak di wilayah Abepura hingga ke Waena.  Universitas Cenderawasih seperti telah menjadi ikon pendidkan tinggi di Papua. Kini memiliki beberapa fakultas yang menawarkan berbagai macam jurusan dan program studi Sarjana S1, S2 hingga S3, di antaranya adalah Fakultas Ekonnomi, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Tekhnik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Fakultas Kedokteran dan Fakultas. Unviersitas Cenderawasuh  memiliki dua lokasi kampus, kampus pertama berada di Jalan Raya Sentani pusat kota Abepura dan kempus kedua terletak di Waena ( Perumnas III). Selain Universitas Cenderawasih sebagai perguruan tinggi negeri pertama di jayapura, kini juga hadir beberpa tahun yang lalu  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jayapura yang berlokasi di daerah Bumi Perkemahan Cenderawasih Waena – Jayapura, STAIN ini menwarkan program S1 Pendidikan guru agama Islam, Hukum Islam, Ekonomi Islam dan lain-lainnya, serta STAKPN Burere yang berada di Kabupaten Jayapura  sentani juga menawarkan program S1 pendidikan  guru Agama Kristen, teologi dan lain-lainnya.

Selain perguruan tinggi negeri yang telah disebutkan, cukup banyak juga perguruan tinggi swasta yang menyebar di kota Jayapura yang dikelolah oleh berbagai yayasan seperti  Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, Perguruan tinggi ini lebih menekankan pada sain dan teknologi, seperi tekhnik sipil, tekhnik mesin, tekhnik informatika, tekhnik computer, eektronik, pertambangan dll, selain itu, beberapa tahun yang lalu juga perguruan tinggi ini juga telah pmenawarkan program-program -ilmu sosial seperti, sastra inggris, ilmu administrasi, dan ilmu pemerintahan. Lokasi USTJ terletak di jalan raya sentani Padang Bulan – Abepura. Saya satu perguruan tinggi swasta yang juga cukup diminati di Papua adalah  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ottow Geissler. Perguruan tinggi ini menawarkan berbagai diisisplin ilmu ekonomi sperti , manjemen, akuntansi dll dengan jenjang  program starta satu dengan kualitas yang bisa diandalkan dengan tenaga –tenaga pengajar yang cukup berpenalaman. Lokasi Kampus ini terletak di wilayah Abepura tepatnya di Kota Raja dalam.

Transportasi Dalam Kota   Jayapura

Jika anda tiba di Jayapura dengan menggunakan Kapal laut, maka anda akan berada  tepat di Kota Jayapura dengan pemadangan yang menarik. Setelah anda keluar dari dalam pelabuhan Jayapura maka tentunya anda butuh transportasi utuk menuju ke tempat tujuna anda, entah kos , hotel, losmen atau wisma. Sarana trasportsi banyak tersedia  ketika  anda berada di luar areal pelabuhan (dermaga).

READ ALSO  Ruang-ruang Perjumpaan dan Pertarungan Masyarkat di Papua

Ada tersedia ankutan kota (angkot) dengan berbagai trayek serta bisa juga anda menggunakan jasa ojek sebagai transporatsi alternatif. Para penumpang yang turun dari pelabuhan bisanya langsung ditawari sopir angkot untuk menyewa angkotnya.  Jika tidak keberatan dengan harga yang ditawari maka anda bisa saja menggunaknnya sebab akan lebih mudah dan cepat tiba di tempat tujuan anda di dalam kota Jayapura, ke angkasa, ke Abepura , ke Kabupaten Keerom atau mengkin ke kabupaten sentani. Bisanya harga yang dipatokan tergantung jarak yang akan ditempuh. Dalam kota Jayapura ( Angkasa, Paldam, Tanjung ria, Argapura, Polimak, Hamadi, Entrop) relatif murah berkisar antara Rp.150.000 hingga Rp.200.000. Ke Abepura ( Kota Raja, Kampkey,Tanah Hitam, Waena  Purmnas I,II,III ) bisa mencapai Rp. 200.000 hingga Rp.250.000.

Tetapi jika anda ingin menghemat biaya, anda bisa menggunakan angkutan kota dengan trayek regular, hanya saja akan lebih lama dan jika anda orang baru dam belum mengenal atau mengetahui di mana tempat yang akan anda nginap maka mungkin akan sedkit repot. Untuk transportasi dalam kota ada berbagai macam trayek. Di luar puntu pagar pelabuhan Jayapura, anda bisa menggunakan angkot dengan trayek B1 tujuan Entrop Polimak- Jayapura  dengan tarif 5000 rupiah per orang,  trayek B2 Jayapura Hamadi,-Entrop rupiah,  trayek ke angkasa Ke Angkasa 4000 rupiah. Jika anda kesulitan mendapatkan angkot di depan pelabuhan, anda bisa berjalan kaki sekitar 200 meter dari arah kanan anda, anda akan tiba di terminal kota Jayapura, anda akan lebih mudah memeperoleh angkutan.

Untuk ke Abepura, Kota raja Waena dan Sentani, dari pelabuhan anda harus ke terminal Entrop dengan menggunakan angkota trayek B1 atau B2, setelah tiba terminal entrop, anda akan melanjutkan ke Abepura dengan angkota trayek E1  Entrop- Kotaraja – Padang Bulan- Terminal Pasar Youtefa. Jika anda akan tinggal di Abepura maka dengan angkot E1, ada bisa turun di Lingkaran Abepura (sebelum terminal Pasar Youtefa, atau bisa saja anda turun di terminal pasar Youtefa Abepura. Dari  terminal Pasar Youtefa  anda bisa memilih angkot J1 dan J2 warna putih, untuk menlanjutkan perjalanan anda ke Padang Bulan, Waena Perumnas I, II dan III serta Expo Waena dengan tarif 4000 rupiah/orang . Dari terminal pasar Youtefa juga anda bisa memilih ke luar kota Abepura dengan angkot dan bis yang ada di sana sperti ke Kabputen Keerom, Koya Barat dan Koya Timur atau ke Arso. Jika anda ingin yang ingin ke Kabupaten Sentani, maka dengan angkot J1 dan J2 anda harus turun di terminal Expo Waena, di sini anda bisa memilih angkutan kota ke Kabupaten sentani dengan harga Rp 5000