AsiaJakarta

Pesona Kota Toea, Jakarta

Kota Toea adalah salah satu lokasi wisata di kota Jakarta yang tidak pernah sepi , setiap hari selalu dipenuhi ribuan orang , apalagi pada akhir pekan, mereka datang untuk menikmati keindahan dan suasana kota bekas peninggalan Belanda ini.  Dulu kota dikenal dengan nama Batavia oleh Pemerintah Belanda  dan dijuluki sebagai permata asia dan ratu Timur pada abad ke 16 oleh para pelaut Eropa  sebab letak loakasinya yang sangat strategis  sehingga menjadi pusat perdagangan antar benua. Jika anda memiliki kesempatan saat berada di Jakarta, cobalah sempatkan waktu anda untuk berkunjung ke kota ini menikamati indahnya bangunan-bangunan tua dengan arsitektur gaya Eropa.

Sepeda Ontel untuk disewa

Di dalam areal ini, ada begitu banyak aktivitas masyakarat yang menyejikan tontonan unik dan menarik gratis hampir setiap hari. Di sini juga terdapat museum sejarah kota Batavia yang menyimpan koleksi benda-benda peninggalan kolonial Belanda, ada juga museum wayang, kantor pos dan café Batavia. Bagi anda yang ingin bermain sepeda, di sini banyak terdapat sepeda ontel, sepeda  ala jaman kolonial. Anda menyewa sepeda  dengan harga Rp.15.000 hingga 20.000 per jam dan bersepada ala tempo doeloe dengan menggunakan topi (bonnet) yang telah di sediakan bersamaan dengan sepeda. Mungkin ini akan terasa lebih romantis jika anda datang berdua bersama kekasih atau istri anda. Bagi mereka yang suka melukis tubuh mereka alias membuat tato, di sini ada begitu banyak warga yang menyediakan jasa melukis tato dengan berbagai macam pola sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, di sini banyak juga dijual kerajinan tangan dengan harga yang teramat murah, banyak dijual  aksesoris pria dan wanita seperti cincin dan gelang yang bisa anda beli dan sekaligus mencetak nama anda di atas gelang atau cincin tersebut.

Atraksi Kota Tua

Saya sudah beberapa kali berkunjung ke kota ini, biasanya pada akhir pekan di selalu padat dengan pengunjung. Agar lebih aman dan cepat Jika and ingin anda ke sana, mungkin anda bisa menggunakan taxi. Tetapi jika tidak keberatan anda bisa menggunakan jasa transjakarta hanya dengan membayar Rp.3500. Anda boleh naik dari halte apa saja dengan tujuan “ Harmoni” . Di halte Harmoni, anda akan harus mengganti jalur angkutan transjakarta. Lihat Papan Penunjuk arah di Halte dan menuju ke ara “Kota”lalu turun di shelter busway  stasiun kota. Lokasi kota ini berada di arah sebelah kiri anda, silahkan berjalan beberapa meter dan and akan masuk ke areal kota ini.